Follow Me @aardhidr

Thursday, June 10, 2010

Rangkuman PKn Kls IX ( Bab Isu Isu Globalisasi )

Dibawah ini meruapakan Rangkuman tentang ISU ISU GLOBALISASI yang digunakan untuk PRESENTASI kls IX ... Selamat Membaca...

1.ISU-ISU GLOBALISASI
       Globalisasi yang ada di seluruh dunia pasti memunculkan berbagai isu-isu global yang tentunya dietahui oleh seluruh bangsa. Isu-isu tersebut diantara lainnya adalah sebagai berikut :

A.    Demokrasi
            Kedaulatan ditangan rakyat merupakan asas dari paham demokrasi. Karena hal tersebut dalam pengambilan keputusan system politik tertinggi harus mengikut sertakan rakyatnya. Karena rakyat berhak untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan. Jadi seharusnya setiap Negara berpegang teguh dengan pemerintahan secara demokrasi bukan otoriter. Karena bila suaru Negara masih menggunakan system pemerintahan otoriter maka Negara tersebut pasti akan dikecam oleh Negara lain dan umumnya akan terkucilkan dari pergaulan internasional.

B.     Hak Asasi Manusia
            Biasanya yang berkaitan erat dengan demokrasi adalah masalah HAM atau yang kita kenal dengan Hak Asasi Manusia. Karena adanya ketidak adilan dalam Hak Asasi Manusia dan perilaku pemimpin yang sewenang wenang maka munculah berbagai perang serta konflik. Intinya Hak Asasi Manusia sudah merupakan masalah internasional.

C.    Pelestarian Lingkungan Hidup
            Suatu Negara tentunya memiliki kekayaan alam yang berbeda beda. Karena hal tersebut masyarakat diseluruh dunia sudahdihimbau untuk melestarikan kekayaan alam yang dimiliknya serta merawatnya. Karena dengan kita merawat dan melestarikan kekayaan alam yang kita miliki maka kita akan terbebas dari kecaman masyarakat internasional.

D.    Keterbukaan
            Keterbukaan juga dikenaldengan isu Transparansi. Transparasi itu ditunjukkan kepada penyelenggara pemerintahan Negara.  Jadi suatu Negara harus memiliki suatu pemerintahan yang terbuka bukan tertutup. Karena pemerintahan secara tertutup ini dianggap tidak demokrasi karena tidak ada pertanggung jawaban public dan tidak mengikutsertakan rakyat dalam Negara. Dengan system tertutup biasanya rakyat hanya dijadikan tempelan saja.

E.     Keragaman / Perbedaan
            Keragaman atau perbedaan juga sering disebut dengan pluralisme. Suatu Negara atau suatu daerah pasti memiliki perbedaan tersendiri. Karena dengan perbedaan tersebut maka terceminlah ciri cirri suatu Negara yang akhirnya dapat menimbulkan hubungan antar manusia yang intensif.



Pasar Global dan Pesaing Global
            Dalam kehidupan apasti akan terjadi berbagai perubahan dan terdapat alat alat yang akan memudahkan pekerjaan manusia. Karena hal tersebut akhirnya munculah suatu pasar global yang menyediakan berbagai barang bahkan jasa. Dan tentunya dalam suatu pasar global akan terdapat banyak penyedia barang dan jasa. Banyaknya penyedia barang dan jasa itu disebut dengan pesaing global.

2.   DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA

Dampak globalisasi biasanya terjadi dalam tekhnologi informasi dan komunikasi. Lebih jelasnya adalah seperti dibawah ini :

a)   Globalisai Ditandai dengan Tekhnologi Informasi
Globalisasi yang ditandai dengan tekhnologi dan informasi ini dimungkinkan oleh penggunaan media elektronik. Dengan penggunaan media elektronik inilah akhirnya timbul angan angan bahwa ruang dan waktu menjadi kecil atau yang para ahli sebut dengan time space compression. Maksudnya tidak ada masalah yang tidak diketahui oleh masyarakat internasional.
Biasanya tekhnologi informasi ini ditandai dengan penyebaran akses informasi keseluruh dunia dengan peralatan seperti radio, televise, dan internet.Tekhnologi informasi ini memiliki potensi untuk mendorong pembangunan masyarakat ang demokratis.

b)   Penggunaan Tekhnologi Informasi
Globalisasi menunjukkkan perubahan besar bagi peradaban dunia. Kehidupandunia saat ini sedang mengalami transformasi yang luar biasa sehingga pengaruhnya hampir melanda setiap aspek dari kehidupan.
Karena adanya tekhnologi informasi serta komunikasi inilah akhirnya hakikat suatu Negara mendapat tantangan karena kewenangan  Negara berkurang jangkauannya dalam aspek tertentu.
Contoh dari perangkat tekhnologi komunikasi informasi yaitu : media cetak ( Koran dan majalah ), media elektronik yang dijabarkan antara lain : media audio ( Radio ) dan media audio visual ( Internet dan televisi ).

3.  PENGARUH GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN
       Pengaruh globalisasi diantara lainnya sebagai berikut :

a.    Bidang Hubungan Internasional
               Pengaruh globalisasi terhadap bidang hubungan internasional yaitu batas batas nasional antara suatu Negara dan Negara lainnya tidak jelas sehingga membawa akibat mudahnya setiap individu masuk ke Negara lain.


b.   Bidang Politik
               Pengaruh globalisasi terhadap bidang politik yaitu membawa internasionalisasidan penyebaran pemikiran serta nilai nilai demokratis yang termasuk HAM atau Hak Asasi Manusia. Tentunya pasti banyak pemikiran pemikiran dari luar yang membawa dampak timbulnya kecurigaan apakah itu baik atau tidak. Namun karena hal tersebut pemikiran individu tentang nilai nilai polittik menjadi semakin kuat.

c.    Bidang Ekonomi
               Pengaruh globalisasi terhadap bidang ekonomi yaitu meningkatnya perdagangan bebas dan meningkatnya hubungan antara pelaku ekonomi yang mengakibatkan timbulnya krisis moneter yang dialami oleh banyak Negara.

d.   Bidang Teknologi dan Komunikasi
               Pengaruh globalisasi terhadap bidang teknologi dan komunikasi adalah terdapatnya sejumlah ide Ide tentang demokrasi. Ide ide dari luar pun dapat mempengaruhi perkembangan pemikiran para individu yang akan dibentuk dengan media cetak maupun media elektronik. Jadi peranan media cetak maupun media elektronik sangatlah diperlukan pada globalisasi yang tepatnya dibidang tekhnologi dan informasi.

4.   ASPEK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI

          Dalam suatu perubahan dunia di era globalisasi pasti banyak aspek aspek yang meliputi aspek positif dan aspek negatif. Maksudnya akibat dari globalisasi pasti akan membawa beberapa dampak yaitu dampak positif ( yang baik ) dan dampak negative ( yang buruk ). Aspek aspek tersebut diantara lainnya :

§  Aspek Positif Globalisasi :
Ø Yang mempermudah mausia dalam berinteraksi adalah kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi
Ø Kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi akan mempercepat berhubungan dengan manusia lain
Ø Meningkatnya efisiensi juga karena disebabkan berkembang pesatnya tekhnologi informasi dan komunikasi.

§  Aspek Negatif Globalisasi :
Ø Eksploitasi alam dan sumber daya lain akan memuncak karena kebutuhan yang semakin besar
Ø Dalam bidang ekonomi berkembang nilai nilai konsumerisme dan individual yang menggeser nilai social masyarakat
Ø Masuknya nilai budaya luar akan menghilangkan nilai nilai tradisi suatu bangsa dan identitas suatu bangsa
Ø Derajat manusia nantinya tidak dihargai karena lebih banyak menggunakan mesin mesin bertekhnologi tinggi atau yang sering disebut dengan dehumanisasi .



5. PENTINGNYA GLOBALISASI BAGI BANGSA INDONESIA

            Pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :
G Globalisasi akan memperlancar pelaksanaan pembangunan nasional karena tersedianya sarana dan prasarana
G Mendorong semangat bekerja keras,mengembangkan potensi diri dalam menghadapi persaingan
G Globalisasi memperluas cakrawala dan wawasan masyarakat Indonesia untuk mengikuti kemajuan tekhnologi dan peradaban bangsa bangsa lain sehingga mendorong untuk hidup lebih baik
G Globalisasi mendrong perilaku demokratis, mempererat hubungan antar warga Negara dan masyarakat karena globalisasi menuntut komunikasi yang lebih luas dengan sarana komunikasi dan transportasi yang modern
G Meningkatnya persatuan dan kesatuan bangsa dengan prinsip wawasan nusantara karena globalisasi mendorong kemajuan tekhnologi komunikasi, disatukan akibat komunikasi antar daerah berjalan lancer, transportasi daerah lancar, hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah akan mudah, lancer, dan cepat
G Globalisasi mendorong mendorong perkembangan ekonomi sebab produksi dari Indonesia akan mudah diipasarkan keseluruh penjuru dunia sebaliknya bangsa lain dapat membantu pengelolaan sumber daya alam Indonesia dan menanamkan modal di Indonesia


6.  SIKAP POSITIF TERHADAP DAMPAK GLOBALISASI
1.         Sikap Selektif terhadap pengaruh globalisasi
Dengan kedatangan era glibalisasi bangsa bangsa disunia memberikan respon atau tanggapan sebagai berikut :
ü  Sebagian orang orang yang lain tetap menerima globalisasi sebagai sebuah keniscayaan akibat perkembangan tekhnologi informasi dan transportasi karena dianggap memudahkan pekerjaan manusia, tetapi orang orang itu juga masih selektif/ memilih manakah yang harus diikutinya ( selektif untuk memilih dampak yang positif )
ü  Sebagian masyarakat yang menolak globalisasi karena globalisasi dianggap sebagai bentuk baru penjajahan melalui cara cara baru yang bersifat modern dibidang politik, ekonomi, dan budaya
ü  Sebagian bangsa menyambut positif globalisasi karena dianggap sebagai jalan keluar baru untuk perbaikan nasib umat manusia
              Contoh dari dampak positif globalisasi yaitu kecepatannya dalam bertransaksi sedangkan dampak buruknya adalah munculnya sifat konsumerisme karena semua hal serba mudah dan cepat namun tentunya juga memerlukan biaya yang besar.
2.         Sikap peduli terhadap masalah internasional
Bentuk bentuk kepeludian bangsa dapat diwujudkan dengan cara diantara lainnya sebagai berikut :
o   Pemerintah memberikan rasa simpati terhadap perjuangan melawan penindasan HAM atau Hak Asasi Manusia.Misalnya : Pemerintah Indonesia memberikan simpati dan dukungan moril terhadap perjuangan rakyat Palestina,
o   Pengiriman pasukan perdamaian atau pemeliharaan keamanan dalam koodinasi Dewan Keamanan PBB,
o   Pemerintah mngirimkan bantuan makanan dan obat obattan kedaerah yang dilanda kelaparan, kekeringan, atau bekas konflik, dan lain lain.

3.         Akibat yang terjadi jika tidak ada kepedulian terhadap masalah Internasional
Akibat yang terjadi bila tidak ada kepedulian terhadap masalah Internasional diantaranya adalah sebagai
berikut ini :

§  Bidang Ekonomi
Didalam Negara Indonesia sendiri juga mengalami kesulitan dibidang ekonomi untuk mempertahankan kebijaksanaan otonom yang independen dan otonom.

§  Bidang Politik
Pengaruh globalisasi dalam bidang politik di Indonesia berpengaruh terhadap masuknya nilai nilai demokrasi dari luar yang universal masih diterima dengan sikap curiga. Kecurigaan yang timbul adalah kesengajaan maksud negative untuk menekan Indonesia dan Negara Negara berkembang lainnya

§  Bidang Teknologi dan Komunikasi
Apabila Indonesia tidak memperdulikan atau bahkan menghiraukan masalah masalah internasional makadapat memengaruhi juga terhadap perkembangan teknologidan komunikasi di Indonesia. Karena pengaruhnya dapat sampai ke perkembangan pemikiran para individu, Kebudayaan, bahkan agama.


§  Hubungan Internasional
Apabila Negara Indonesia tidak memperdulikan masalah masalah internasional seperti Perang Irak maka Negara Indonesia akan mendapatkan banya kritikan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

             

2 comments:

Saran dan kritik anda sangat diperlukan untuk hasil yang lebih optimal